22+ Cara Menghilangkan Bekas Luka Dalam Sehari Semalam Saja - BEKAS LUKA OPERASI
Loading...

22+ Cara Menghilangkan Bekas Luka Dalam Sehari Semalam Saja

Loading...
Loading...
22+ Cara Menghilangkan Bekas Luka Dalam Sehari Semalam Saja. Saat ada bagian kulit yang terluka, maka jaringan fibrosa atau disebut dengan jaringan parut akan terbentuk diatas luka untuk memperbaiki sekaligus melindungi kulit dan akhirnya bekas luka terjadi. Bekas luka tersebut bisa terjadi karena kecelakaan, goresan, gigitan serangga, jerawat, cacar air, luka bakar, bekas operasi dan lain sebagainya. Selain itu, bekas luka juga memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran sehingga bisa mempengaruhi penampilan seseorang. 

Sebenarnya tubuh manusia bisa merawat bekas luka tersebut seiring berjalannya waktu. Namun untuk mempercepat proses penyembuhan luka, maka anda bisa menggunakan beberapa cara menghilangkan bekas luka dalam 1 hari yang akan kami berikan kali ini untuk mendukung pertumbuhan sel secara efektif sekaligus meminimalisir jaringan parut.

Cara Menghilangkan Bekas Luka dalam Sehari



    Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk kulit menjadi cara mudah pertama untuk menghilangkan bekas luka karena mengandung sifat anti bakteri dan anti inflamasi. Lidah buaya akan bekerja sebagai emolien alami untuk memperbaiki kulit yang rusak dan meningkatkan pertumbuhan kulit yang rusak sekaligus memperbaiki tekstur kulit.

    Ambil gel lidah buaya segar kemudian oleskan langsung pada bekas luka.
    Pijat dengan gerakan melingkar selama 30 menit lalu bersihkan.

    Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga ampuh untuk memudarkan bekas luka karena mengandung antioksidan dan vitamin E. Sedangkan asma laurat, kaprat dan caprilat didalamnya bisa menstimulasi produksi kolagen, mempercepat proses penyembuhan kulit rusak sekaligus mencegah kerusakan karena radikal bebas sekaligus banyak juga manfaat minyak kelapa untuk alis.

    Panaskan minyak kelapa lalu letakkan minyak hangat tersebut pada telapak tangan.
    Pijat pada bekas luka selama 10 menit dan diamkan kembali selama 1 jam agar nutrisi dalam minyak kelapa bisa menyerap sempurna.

    Minyak Vitamin E

Minyak vitamin E merupakan antioksidan yang sangat ampuh untuk memudarkan bekas luka. Sedangkan sifat pelembab didalamnya akan menghidrasi kulit sekaligus memperbaiki sel jaringan yang rusak.

    Buka kapsuk vitamin E dan usapkan minyak didalamnya pada area bekas luka selama 10 menit.
    Diamkan kembali selama 20 menit lalu bersihkan dengan air hangat.

    Minyak Zaitun

Cara menghilangkan bekas luka selanjutnya bisa dilakukan dengan minyak zaitun yang kaya akan vitamin E sehingga juga bisa melembutkan dan melembabkan kulit selain banyak juga manfaat minyak zaitun untuk bibir.

    Aplikasikan minyak zaitun yang sudah dihangatkan pada bekas luka.
    Pijat dengan gerakan melingkar dan diamkan selama 30 menit lalu bersihkan dengan kain.
    Cara kedua, campur minyak zaitun dengan minyak lavender lalu pijtan pada area bekas luka selama beberapa menit.
    Diamkan kembali selama 30 menit dan bilas bersih dengan air hangat.

    Lemon

Selain banyak manfaat lemon untuk rambut, dalam lemon mengandung alpha hydroxy acids yang memiliki sifat penyembuhan untuk bekas luka. Lemon juga bisa mengangkat sel kulit mati, meningkatkan pertumbuhan kulit baru dan menjaga elastisitas kulit. Sedangkan vitamin C dalam lemon bisa meregenerasi kulit sekaligus memperbaiki tekstur kulit yang rusak dan bahkan mencerahkan bekas luka.

    Aplikasikan perasan lemon pada bekas luka atau juga bisa dicampur dengan air mawar.
    Diamkan selama 30 menit lalu bilas bersih dengan air hangat.

    Madu

Ada begitu banyak manfaat madu untuk kulit sebab madu merupakan pelembab alami yang juga bisa digunakan sebagai penghilang bekas luka efektif, mencegah sel kulit mati dan merangsang regenerasi jaringan kulit.

    Aplikasikan madu pada bekas luka dan bungkus dengan perban lalu biarkan selama semalam.
    Cuci bersih esok paginya dengan air hangat.
    Cara lain, buat scrub dari madu dan gula pasir kemudian aplikasikan pada bekas luka dan gosok secara lembut.
    Bilas dengan air hangat, keringkan dan gunakan pelembab.

    Cuka Apel

Cuka apel bisa digunakan untuk cara menghilangkan bekas luka segala jenis. Sifat asam dalam cuka apel sangat ampuh untuk eksfoliasi dan mengangkat sel kulit mati sekaligus mencegah timbulnya bekas luka dan menyeimbangkan pH kulit.

    Campur cuka apel dengan air memakai perbandingan sama banyak.
    Celupkan kapas dalam campuran tersebut dan tempel pada bekas luka selama 5 menit dan bilas dengan air.
    Cara kedua, campur 2 sendok makan cuka apel dengan air dan 1 sendok teh madu lalu oles pada bekas luka.
    Diamkan selama setengah jam lalu bilas dengan air hangat.

    Cocoa Butter

Cocoa butter merupakan pelembab alami yang juga bisa digunakan untuk menyembuhkan segala jenis bekas luka sekaligus mendorong pertumbuhan jaringan kulit baru pada area yang rusak. Sedangkan kandungan vitamin E sangat berguna untuk perbaikan kulit.

    Aplikasikan 1 sendok cocoa butter pada bekas luka dan pijat lembut memakai gerakan melingkar.
    Diamkan selama semalam dan bilas bersih dengan air hangat esok paginya.

    Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh merupakan salah satu jenis minyak esensial yang bisa digunakan untuk mengurangi bekas luka dan juga noda karena mengandung sifat anti inflamasi dan menyembuhkan kulit seperti untuk cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat.

    Campur 4 tetes minyak pohon teh dengan 2 sendok makan air.
    Gunakan cairan tersebut untuk diaplikasikan pada bekas luka.
    Cara lain, campur 3 tetes minyak pohon teh dengan 1 sendok teh minyak almond.
    Aplikasikan pada bekas luka dan biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

    Kayu Cendana

Kayu cendana menjadi cara terakhir untuk menghilangkan bekas luka seperti cara mengecilkan pori pori wajah bekas jerawat sekaligus memiliki sifat menenangkan yang bisa mencegah terjadinya berbagai jenis bekas luka.

    Campur minyak cendana dengan minyak zaitun atau minyak kelapa memakai perbandingan sama banyak.
    Aplikasikan pada bekas luka memakai kapas.
    Diamkan selama 30 menit lalu bilas bersih dengan air hangat.

Beberapa cara menghilangkan bekas luka dalam 1 hari yang sudah kami berikan diatas bisa digunakan untuk semua jenis kulit dan berbagai jenis bekas luka baik pada wajah atau tubuh. Agar hasil lebih maksimal, sebaiknya lakukan salah satu cara diatas lebih dari sehari agar hasilnya bisa terlihat cepat.

15 Cara Menghilangkan Bekas Luka Koreng dengan Bahan Alami. 

Memiliki bekas luka dan koreng di bagian tubuh tertentu memang menyebalkan dan mengganggu penampilan. Terlebih, beberapa bekas luka yang menghitam biasanya agak sulit dihilangkan. Kabar baiknya, ada beberapa perawatan sebagai cara menghilangkan koreng yang berbekas.

Setiap orang pasti pernah mengalami luka pada tubuh. Luka dapat terjadi pada tubuh akibat trauma (kecelakaan), luka bakar, atau pun luka pasca pembedahan.  Koreng atau scar merupakan reaksi alami tubuh untuk melindungi area kulit yang terluka dari kemungkinan terjadinya infeksi. 

Ini Cara Menghilangkan Koreng yang Berbekas 

Bekas luka berupa koreng adalah bagian alami dari proses penyembuhan. Ketika kulit terluka, tubuh memproduksi lebih banyak protein yang disebut kolagen, hal ini sebagai bagian dari proses penyembuhan. Dalam proses penyembuhan luka, kolagen berperan sebagai komponen  untuk menggantikan jaringan yang telah rusak. Meski bersifat permanen, koreng yang berbekas bisa memudar dalam kurun waktu hingga dua tahun.

Ini Cara Menghilangkan Koreng yang Berbekas

Namun kadang kala, koreng atau jaringan bekas luka yang terbentuk pada tubuh dapat menimbulkan keluhan gatal dan mengganggu dari sisi kosmetik. Pada keadaan ini Anda tidak disarankan menggaruk atau mengelupaskan koreng karena akan mengganggu proses penyembuhan alami dari kulit dan dapat memicu infeksi. Jagalah bekas luka atau koreng  agar tetap bersih.

Ada berbagai jenis bekas luka atau koreng , tiga di antaranya adalah bekas luka normal, bekas luka hipertrofik, dan bekas luka keloid. Bekas luka normal relatif tipis, kecil, dan rata. Sedangkan bekas luka hipertrofik berwarna merah, tebal, dan tampak meninggi. Bekas luka keloid juga terlihat meninggi melebihi permukaan kulit, berwarna gelap atau merah, dan, meluas melampaui bentuk luka sebenarnya. Bekas luka keloid cenderung bersifat genetik dan bisa sulit dikendalikan atau diprediksi. Bekas luka keloid disebabkan oleh kelebihan produksi kolagen dan dapat diobati dengan cara menyuntikkan obat steroid ke daerah yang terkena. Konsultasi dengan tenaga medis profesional adalah cara terbaik saat berhadapan dengan bekas luka keloid.

Selain penggunaan obat koreng, ada beberapa perawatan sebagai cara menghilangkan koreng yang berbekas. Kendati koreng yang berbekas tidak bisa dihilangkan sepenuhnya, namun ada beberapa cara dan perawatan yang dapat mengurangi penampakan bekasnya. Umumnya, perawatan dilakukan oleh dokter kulit dan ahli bedah plastik.

    Suntikan kortikosteroid. Suntikan ini digunakan untuk mengobati beberapa keloid dan bekas luka hipertrofik. Kortikosteroid disuntikkan ke dalam bekas luka untuk mengurangi pembengkakan (radang) dan untuk meratakan bekas luka. Umumnya, suntikan diberikan sebanyak tiga kali dalam interval 4-6 minggu. Kendati tidak bisa menghilangkan bekas luka sepenuhnya, namun perawatan ini bisa memperbaiki penampilannya.

    Gel silikon. Digunakan untuk mengurangi kemerahan dan meminimalisir bekas luka hipertrofik atau keloid. Agar efektif, gel atau lembaran silikon harus ditempatkan di atas bekas luka selama 12 jam sehari, setidaknya selama tiga bulan. Anda dapat meminta dokter umum, dermatolog atau dokter spesialis kulit atau apoteker untuk mendapatkan saran lebih lanjut tentang berbagai perawatan dengan bahan silicon untuk luka yang menyebabkan jaringan parut.

    Prosedur operasi. Prosedur pembedahan atau operasi bisa memperbaiki penampilan bekas luka, karena bisa digunakan untuk mengubah posisi, lebar dan bentuk jaringan parut bekas luka. Jika operasi digunakan untuk mengobati bekas luka hipertrofik, ada risiko jaringan parut bisa memburuk setelah operasi. Pembedahan tidak disarankan untuk bekas luka keloid, karena cenderung akan tumbuh kembali, dan bahkan lebih besar. Prosedur pembedahan untuk keloid sering dikombinasikan dengan suntikan kortikosteroid di tempat bekas luka yang hilang segera setelah operasi. Beberapa ahli bedah plastik juga menambahkan perawatan lain, seperti terapi sinar-X dan antibiotik oral, untuk mencoba meminimalkan kekambuhan keloid yang telah diobati. Anda bisa berbicara pada dokter bedah Anda tentang perawatan ini.

    Perban tekan untuk bekas luka. Tujuan perban tekan adalah untuk meratakan dan melembutkan bekas luka. Paling sering digunakan untuk bekas luka bakar yang luas atau setelah prosedur operasi pencangkokan kulit. Perban tekan biasanya terbuat dari bahan yang elastis. Perban dikenakan di atas bekas luka setiap hari selam 6 sampai 12 bulan. Perban ini dapat digunakan dengan kombinasi pelapis gel silikon. Perban tekan bisa Anda dapatkan di apotek dan  harus digunakan di bawah pengawasan spesialis.

    Make-up untuk bekas luka. Kamuflase kosmetik (make-up) dapat membantu menutupi bekas luka dan bisa sangat berguna untuk bekas luka di wajah. Ada riasan yang tahan air dan bisa bertahan selama dua atau tiga hari. Perlu diketahui bahwa pengujian warna kamuflase untuk penyesuaian terhadap warna kulit terkadang membutuhkan waktu cukup lama, dan perlu dilakukan oleh seseorang yang berkualifikasi.

    Terapi laser. Terapi laser atau sinar (pulses of light) dapat mengurangi kemerahan pada bekas luka dengan penggunaannya diarahkan pada pembuluh darah di jaringan parut yang berlebihan. Terapi ini melibatkan penggunaan laser untuk menghilangkan lapisan atas kulit, yang merangsang produksi kolagen di lapisan yang lebih dalam.Belum banyak penelitian yang mendukung efektivitas dan keamanan dari terapi laser ini. Jika Anda berniat mencoba terapi laser Anda dianjurkan berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit atau  kecantikan untuk mendapat penanganan yang tepat.

    Dermal Fillers. Ini adalah zat yang disuntikkan ke dalam lapisan dermis kulit untukmengencangkan, mengurangi garis halus dan kerutan statis pada kulit, serta meremajakan kulit. Perawatan ini cenderung mahal dan hasilnya bersifat sementara. Untuk menjaga khasiatnya, dermal filler harus dilakukan secara berulang.

    Skin Needling. Prosedur yang juga disebut dengan istilah microneedling ini adalah teknik menggunakan jarum-jarum halus yang ditusukkan ke kulit untuk merangsang peremajaan kulit. Hal ini bisa membantu upaya memudarkan koreng yang berbekas. Untuk mencapai hasil yang diinginkan, perawatan jenis ini harus dilakukan secara berulang. Pun hasilnya sangat bervariasi pada setiap orang.

    Radioterapi. Radioterapi dosis rendah dapat mengurangi tingkat kekambuhan dari bekas luka hipertrofik dan keloid setelah operasi. Prosedur  ini efektif pada sekitar 70 persen kasus, namun karena kemungkinan efek samping jika digunakan dalam jangka panjang, teknik ini hanya diperuntukkan bagi kasus yang paling serius. Efek samping dari radioterapi ini dapat berupa kemerahan pada kulit, nyeri, kulit kering, hingga (meskipun jarang) meningkatkan risiko kanker.

    Krim, salep, atau gel. Produk ini bisa dibeli di apotik atau dengan resep dokter. Sediaan obat ini digunakan untuk mengobati bekas luka akibat luka gores, maupun cedera lainnya. Seringkali, perawatan dengan obat-obatan oles ini mengandung steroid atau krim antihistamin tertentu untuk bekas luka yang menyebabkan gatal dan sangat sensitif. Krim vitamin E banyak direkomendasikan untuk mengatasi koreng yang berbekas. Kendati belum ada bukti medis terkait khasiatnya untuk menghilangkan koreng, tapi mengoleskan krim dengan vitamin E ke bekas luka dapat bermanfaat untuk melembapkan kulit.

    Tabir Surya. Untuk meminimalkan visibilitas bekas luka, lindungi dan kulit dari sinar matahari dengan menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 15. Jangan berjemur atau terpapar terlalu lama dengan sinar matahari.

Pola hidup sehat juga dapat membantu cara menghilangkan koreng yang berbekas. Minumlah air putih delapan gelas sehari. Makanlah makanan yang bernutrisi dan kurangi asupan kafein, serta melakukan perawatan kulit secara rutin. Dan bersabarlah,butuh waktu untuk melihat hasil  dari cara menghilangkan koreng yang berbekas.

Hilangkan Bekas Luka Menghitam dengan 4 Cara Mudah Ini
Bagi sebagian orang, bekas luka dianggap mengganggu karena dapat menurunkan kepercayaan diri. Terlebih jika bekas tersebut berada di bagian kulit yang sering terlihat seperti kaki atau tangan. Bekas luka mempunyai beragam jenis, sehingga penanganannya pun berbeda tak boleh sembarangan Anda.

Ada keloid, hipertrofik, atrophic, stretch mark atau bintik - bintik gelap. Jenis bintik gelap ini biasanya didapat karena bekas gigitan serangga atau gatal yang digaruk, lalu menjadi luka. Kita biasa menyebut bekas luka ini sebagai koreng.

Ada beberapa bekas luka yang menjadi gelap dan masih membekas dalam jangka waktu lama, berikut cara menghilangkan bekas gelap tersebut dengan cepat.

1. Eksfoliasi secara teratur

Biasanya bekas luka akhirnya akan hilang sendiri karena kulit meremajakan dirinya secara berkala. Anda dapat membantu proses eksfoliasi atau teknik perawatan yang mengangkat kulit mati dengan menggunakan scrub saat mandi.

2. Gunakan sunscreen

Ini lah yang jarang diketahui oleh banyak orang, sebenarnya bekas luka baru sangat sensitif terhadap sinar matahari. Sehingga jika terpapar terus menerus justru akan menyebabkan bekas menjadi semakin gelap. Dengan mengoleskan tabir surya, minimal kadar Sun Protection Factor (DPF) 30 ke kulit, Anda dapat meminimalkan perubahan warna secara signifikan.

3. Pijat daerah bekas luka

Memijat daerah bekas luka secara teratur dapat membantu memecah jaringan fibrosa yang menyebabkan luka membekas. Hal ini juga membantu meningkatkan sirkulasi yang dapat membantu mengubah warna. Anda dapat melakukannya dengan pola melingkar atau memanjang.

4. Gunakan concealer

Cara ini dapat Anda gunakan saat terburu-buru ingin pergi ke suatu tempat, namun luka masih terlihat jelas.

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki Dengan Mudah, Alami, dan Tanpa Obat

Memakai salep memang mudah, namun hasilnya tidak selalu menjanjikan. Selain itu harga salep untuk menghilangkan bekas luka di kaki pun tidak murah. Daripada harus membeli salep yang mahal dan belum tentu hasilnya, sebaiknya Anda mencoba beberapa cara menghilangkan bekas luka di kaki secara alami dan cepat, 

Cara menghilangkan bekas luka di kaki secara cepat dengan menggunakan bahan-bahan alami
1. Jeruk nipis

Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu mengangkat sel kulit mati dan bisa jadi cara menghilangkan bekas luka di kaki yang menghitam.

Cara menghilangkan bekas luka di kaki secara alami yang pertama ini mudah saja. Berikut langkah-langkahnya:

    Belah buah jeruk menjadi dua bagian
    Oleskan pada kulit secara merata
    Diamkan selama 30 menit
    Bilas dengan air bersih

2. Lemon

Jeruk yang kaya akan anti-oksidan dan vitamin C berikut adalah lemon. Tidak hanya itu saja, dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit sehingga bekas luka pada kaki akan memudar seiring dengan waktu. Dengan mengoleskan perasan lemon pada bekas luka di kaki Anda, bekas luka akan segera memudar karena lemon merupakan alat bleaching yang alami.

3. Madu

Cara menghilangkan bekas luka di kaki selanjutnya adalah madu dapat mencerahkan kulit karena kaya akan anti-oksidan dan juga dapat mengangkat kulit mati.

Berikut cara dan langkah-langkah-langkahnya:

    Ambil 1 sdm madu
    Oleskan pada bekas luka di kaki
    Diamkan selama 30 menit
    Bilas dengan air bersih

 
4. Putih Telur

Putih telur dipercaya kaya akan protein dan sumber mikronutrien yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka di kaki dengan cepat.

Berikut caranya:

    Pisahkan putih telur dari kuning telur
    Oleskan putih telur pada bekas luka
    Untuk menghindari bau amis, anda bisa menambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis ataupun lemon

5. Lidah buaya

Kita lebih mengenal lidah buaya sebagai cara merawat rambut dan cara mencerahkan kulit. Lidah buaya juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka di kaki secara alami.

Cara menghilangkan bekas luka di kaki menggunakan lidah buaya cukup mudah:

    Ambil gel lidah buaya yang ada di tengah
    Oleskan secara merata pada kulit wajah Anda
    Diamkan selama 15 menit
    Bilas dengan air bersih

6. Mentimun

Mentimun kaya akan mineral dan vitamin yang penting dan dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka hitam di kaki dengan cepat.

Berikut cara menghilangkan bekas luka di kaki secara alami dengan menggunakan mentimun:

    Iris mentimun tipis-tipis
    Tempelkan pada seluruh wajah
    Diamkan selama 30 menit
    Basuh dengan menggunakan air bersih

 
7. Mengkudu

Buah mengkudu memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi sehingga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka hitam di kaki dengan cepat.

Berikut caranya:

    Haluskan buahnya lalu masak
    Oleskan pada bekas luka Anda

 
8. Teh Hijau

Anda mungkin kaget jika ternyata teh hijau juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka hitam di kaki. Manfaat teh hijau memang banyak terutama untuk kesehatan. Tidak ada salahnya Anda juga mencoba menggunakan teh hijau sebagai cara menghilangkan bekas luka di kaki.

Berikut caranya:

    Gunakan ampas teh hijau
    Gosokkan pada bekas luka
    Lakukan rutin setiap hari, maka bekas luka di kaki segera menghilang

9. Mint

Selain sebagai aromaterapi yang mujarab, daun mint juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka secara alami.

Berikut caranya:

    Tumbuk beberapa lembar daun mint
    Oleskan pada bekas luka

10. Air kelapa

Membasuh bekas luka yang hitam dengan menggunakan air kelapa ternyata cukup manjur jadi cara menghilangkan bekas luka di kaki secara alami.

Berikut caranya:

    Siapkan air kelapa secukupnya
    Gunakan air kelapa untuk membasuh bekas luka anda
    Biarkan beberapa saat
    Bilas dengan air bersih

11. Minyak zaitun

Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun yang akan membantu memudarkan bekas luka hitam di kaki. Selain itu minyak zaitun juga banyak mengandung anti-oksidan yang disebut polifenol yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan.

Berikut cara menghilangkan bekas luka di kaki dengan minyak zaitun:

    Siapkan 1 sdm minyak zaitun dan 1 sdt madu.
    Campur keduanya menjadi satu.
    Oleskan pada bekas luka anda.

12. Kencur

Kencur memang sudah dikenal sebagai cara menghilangkan bekas luka di tangan dan kaki.Caranya adalah dengan membuat ramuan beras kencur, dan menjadikannya obat luar.

Berikut cara menghilangkan bekas luka di kaki dengan kencur:

    Siapkan 1 genggam beras yang telah direndam selama 7 menit.
    Tambahkan 4 kencur.
    Tumbuk ke dua bahan tesebut sampai halus.
    Tambahkan sedikit air agar menjadi salep.
    Oleskan pada bekas luka.

13. Daun Jarak

Daun jarak juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka di kaki secara alami dan cepat.

Berikut caranya:

    Siapkan beberapa lembar daun jeruk, kemudian direbus.
    Basuhkan air rebusan daun jarak tersebut pada bekas luka
Loading...

Belum ada Komentar untuk "22+ Cara Menghilangkan Bekas Luka Dalam Sehari Semalam Saja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel